7 Inspirasi Rumah Minimalis 2 Lantai Modern [SANGAT NYAMAN]

Rumah minimalis 2 lantai bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda yang ingin tinggal di rumah tapak dengan lahan terbatas, tetapi tetap memiliki fungsi ruang yang maksimal.

Makin terbatasnya lahan yang layak untuk ditempati di daerah perkotaan menjadikan rumah minimalis cukup populer pada masa sekarang.

Nah, sebelum membangun rumah minimalis dengan dua lantai, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal dasar yang terkait serta contoh-contoh yang bisa menjadi inspirasi. Yuk, simak!

Apa Itu Konsep Rumah Minimalis

photo-1523217582562-09d0def993a6.jpg

Sebelum memilih konsep minimalis, tentunya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu konsep minimalis.

Konsep minimalis merupakan salah konsep desain yang meminimalkan segala hal, seperti dalam pemilihan warna, bentuk, dan harga.

Dalam segi pemilihan bentuk, rumah minimalis tidak akan menggunakan banyak bentuk dan aksen. Bentuk-bentuk geometri yang dipilih pun sangat sederhana dan tegas.

Sementara itu, dalam pemilihan warna, konsep minimalis tidak akan menggunakan terlalu banyak sentuhan warna. Biasanya paling banyak hanya menggunakan 3 unsur warna dalam sebuah ruangan.

Warna-warna yang digunakan juga cenderung lebih simpel dan tidak mencolok. Dengan konsep ini, biasanya rumah akan terlihat lebih elegan.

Meskipun demikian, konsep ini tidak menyingkirkan kemungkinan adanya penambahan elemen lain untuk rumah minimalis.

Biasanya unsur alam paling banyak digunakan sebagai elemen tambahan yang natural dan tetap terlihat modern.

Kelebihan dan Kekurangan Desain Rumah 2 Lantai

2.jpg

Setiap konsep hunian tentunya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Jika memilih konsep minimalis untuk rumah dua lantai, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja plus dan minusnya.

Mengingat konsep minimalis cenderung mengoptimalkan seluruh bagian dengan desain seminimal mungkin, konsep ini sangat cocok untuk rumah dengan lahan yang lebih sempit.

Tentunya rumah dua lantai dengan konsep minimalis akan lebih menghemat lahan. Anda bisa memiliki rumah yang luas dan mewah, walaupun dengan luas terbatas.

Meskipun memiliki kesan awal yang sempit, dengan penambahan ruang di lantai 2, desain rumah minimalis ini mampu mengoptimalkan setiap ruangan yang diinginkan.

Selain itu, perawatan yang dibutuhkan pun tidak terlalu sulit.

Berdiri di lahan yang tidak terlalu luas dan tidak memiliki desain yang rumit membuat rumah minimalis 2 lantai ini lebih mudah untuk dibersihkan.

Biaya perawatan lainnya, seperti perabot yang ada di dalam rumah, pun akan menjadi lebih hemat mengingat tidak ada sudut ruang yang tidak dimanfaatkan dengan baik.

Namun, perlu diingat rumah minimalis tidak memiliki banyak ruang sehingga desain ini hanya cocok untuk keluarga kecil yang tidak memerlukan banyak ruang tidur.

Yang juga penting, Anda harus pandai-pandai mengatur furnitur yang digunakan. Salah sedikit maka ruangan di rumah Anda akan terasa sempit.

Tips Desain Rumah Minimalis dengan Dua Lantai

3.jpg

Rumah minimalis 2 lantai memang menjadi sebuah pilihan yang tepat. Dengan lahan terbatas, Anda masih bisa memaksimalkan setiap ruang sesuai keinginan.

Untuk itu, Anda harus memperhatikan tata letak setiap sudut di rumah Anda.

Pertama, Anda bisa membagi ruangan sesuai fungsinya. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan lantai pertama sebagai ruang tamu, dapur, dan kamar mandi.

Jangan lupa untuk memanfaatkan ruang di bawah tangga sebagai area penyimpanan atau meja TV. Jika masih terdapat ruang yang cukup, Anda juga bisa menambahkan kolam ikan di depan rumah.

Adapun di lantai dua, Anda bisa berfokus pada kamar tidur dan ruang keluarga. Bahkan, Anda juga bisa menambahkan balkon jika diinginkan. Dengan tata ruang seperti ini, rumah akan terasa lebih lapang.

Kedua, Anda juga bisa memanfaatkan sudut lahan dengan memasang jendela kaca besar di area kamar tidur dengan shading. Lalu, susun secara horizontal untuk memberikan keindahan dua arah.

Contoh-Contoh Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Belakangan ini, rumah yang memiliki desain minimalis makin mudah ditemukan. Ditambah lagi, konsep minimalis mulai banyak disukai oleh masyarakat masa kini.

Berikut adalah beberapa contoh desain rumah minimalis berlantai dua terbaru yang bisa Anda jadikan referensi hunian impian.

Rumah Minimalis dengan Satu Master Bedroom

4.jpg

Jika Anda ingin memiliki satu master bedroom dengan kamar mandi di dalamnya, Anda bisa menempatkannya di lantai dua.

Untuk konsep ini, Anda bisa mengkhususkan lantai dua sebagai kamar tidur dan ruang kerja. Sebuah master bedroom ditempatkan di bagian sudut.

Selanjutnya, kamar tidur anak bisa ditempatkan bersebelahan dengan master bedroom atau tepat di hadapan tangga.

Pada lantai satu, Anda bisa menempatkan ruang tamu beserta ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan. Hindari penggunaan partisi untuk setiap ruangnya agar area rumah terlihat lebih luas.

Bagian ruang di dekat tangga dapat Anda manfaatkan sebagai dapur yang bersebelahan dengan ruang makan.

Jangan lupa untuk menempatkan sebuah kamar mandi. Jika masih terdapat ruang, Anda bisa memanfaatkannya sebagai taman belakang.

Rumah Minimalis dengan Kolam Renang Pribadi

1b57f1fd1b7b36a3d2b854e81ef382c7.jpg

Lahan dengan lebar 6/7/8 meter tidak membatasi Anda untuk memiliki sebuah kolam renang pribadi di rumah.

Anda bisa menempatkan kolam renang persis di belakang garasi. Dengan demikian, kolam renang akan berada di sudut sisi kanan atau kiri rumah sehingga akan Anda akan lebih leluasa.

Area kolam renang ini memiliki akses dari ruang keluarga dengan pintu kaca. Tak hanya memiliki fungsi sebagai area berenang, peletakan kolam renang seperti ini juga akan membuat rumah menjadi lebih sejuk.

Rumah Minimalis dengan Balkon

inspirasi-rumah-minimalis-2-lantai-casa-indonesia-11.jpg

Desain rumah dua lantai type 36 akan sangat menarik jika dilengkapi dengan sebuah balkon. Untuk alasan keamanan, Anda bisa menempatkan balkon yang menghadap ke halaman belakang rumah.

Balkon ini bisa dikhususkan untuk master bedroom atau di luar area kamar utama ini. Anda juga bisa menempatkan balkon bersebelahan dengan ruang cuci dan jemur.

Gunakan pembatas yang tidak akan mengganggu keindahan balkon belakang rumah Anda.

Balkon ini sebaiknya hanya bisa diakses dari master bedroom atau area ruang keluarga lantai dua.

Sementara itu, untuk perbatasan dengan area cuci dan jemur, Anda bisa menyekatnya serta memberikan akses tangga tambahan dari bagian halaman belakang.

Jika area yang dimiliki terbatas, Anda bisa membuat dua kamar tidur dengan ukuran yang sama pada lantai dua yang dipisahkan kamar mandi.

Adapun master bedroom dengan kamar mandi bisa ditempatkan di lantai satu di bagian ujung ruang yang memiliki akses jendela ke bagian halaman belakang.

Rumah Minimalis dengan Area Terbuka

Swanbourne_ver2-5.jpg

Dengan desain rumah minimalis 2 lantai, Anda juga bisa mendapatkan area terbuka atau foyer. Konsep ini cukup unik dan sangat direkomendasikan.

Anda akan mendapatkan sirkulasi udara dan pencahayaan yang lebih alami dengan adanya foyer.

Untuk penempatannya, Anda bisa memberikan ruang setelah pintu masuk yang tepat berdampingan dengan tangga naik ke lantai dua.

Titik tersebut sangat tepat karena cahaya dan udara yang masuk akan lebih tersebar secara merata ke seluruh sudut ruang.

Mengingat terdapat ruang yang cukup, Anda juga lebih bebas memilih model tangga yang diinginkan.

Setelah disambut dengan foyer, Anda bisa menempatkan kamar mandi tepat di seberang tangga, lalu berjalan lurus untuk menemukan ruang tamu yang berdampingan dengan dapur dan ruang makan.

Anda bisa memanfaatkan ruang dekat dapur yang menembus ke arah garasi sebagai laundry room. Sedangkan pada lantai dua, Anda bisa berfokus pada kamar tidur.

Rumah Minimalis dengan Area Parkir

182075548_152760020129129_8927838803827762389_n.jpg

Meskipun memilih hunian bergaya minimalis, Anda tetap bisa mendapatkan rumah dengan garasi yang cukup luas.

Anda bisa memilih area dasar sebagai parkir untuk maksimal dua mobil. Lalu, peletakan ruang dilanjutkan dengan ruang tamu, satu kamar tidur, dapur, ruang makan, dan kamar mandi di lantai dasar.

Selanjutnya di lantai dua, Anda bisa memiliki satu master bedroom, tiga kamar tidur, kamar mandi, dan beranda untuk masing-masing kamar.

Rumah Minimalis dengan Ruang Tamu Terbuka

bondi-house-img_6af1c01902d05049_14-1300-1-31813aa.jpg

Di era pandemi ini, menerima tamu dari luar memang cukup membuat siapa pun waswas. Meskipun demikian, berinteraksi dengan para tetangga atau kerabat yang bertamu tetaplah penting.

Salah satu alternatif cara yang bisa dilakukan pada situasi seperti ini adalah dengan menciptakan ruang tamu terbuka.

Anda bisa membuat akses jalan samping yang menembus hingga halaman belakangan yang dimanfaatkan sebagai ruang tamu terbuka.

Dengan adanya ruang tamu terbuka ini, keluarga Anda akan lebih nyaman, meskipun ada tamu dari luar yang datang ke rumah.

Ruang tamu terbuka ini juga memiliki akses menuju ruang utama rumah, yakni ruang keluarga, ruang makan, serta dapur.

Rumah Minimalis dengan Kebun

8-desain-rumah-2-lantai-di-lahan-sempit-1-1280x720.jpg

Apakah Anda memiliki hobi merawat tanaman? Bagi pencinta tanaman, memiliki kebun sendiri di rumah tentu sangat menyenangkan.

Jangan khawatir, Anda bisa mewujudkan keinginan itu, meskipun tinggal di rumah minimalis. Kuncinya adalah jangan membangun habis seluruh lahan yang ada.

Sisakan beberapa ruang khusus yang dijadikan sebagai kebun. Anda bisa memiliki kebun dari bagian depan, samping, hingga ke area belakang rumah.

Setelahnya, Anda bisa menentukan luas bangunan rumah yang diinginkan sesuai kebutuhan.

Dengan adanya kebun, rumah minimalis Anda terasa lebih sejuk dan bagian tampak depan rumah juga terlihat makin luas.

Cara dan Tips Membuat Denah Rumah Minimalis 2 Lantai

2-5-storey-modern-box-type-ksm-services-img_a081c91b097ccea3_14-2264-1-b0bfec8.jpg

Jika memiliki impian tersendiri untuk membuat denah rumah sendiri, Anda perlu mengikuti beberapa hal berikut.

Langkah pertama adalah Anda perlu menentukan berapa banyak ruang yang dibutuhkan. Apakah lahan parkir, kebun, kolam renang, dan taman belakang dibutuhkan?

Selain itu, Anda juga harus menentukan berapa banyak kamar tidur yang akan dimiliki.

Kemudian, pelajari kembali kebutuhan dari setiap ruang yang diinginkan. Apakah jumlah ruang yang dibutuhkan sudah sesuai dengan luas lahan yang dimiliki?

Jika belum sesuai, Anda harus meminimalkan kembali ruang yang dibutuhkan dan setelah itu, lanjutkan dengan melakukan zonasi ruangan.

Perhatikan pembagian ruangan antara lantai satu dan dua untuk membuat rumah Anda lebih lega. Jangan lupa untuk menggambarkannya dengan 2 muka agar lebih detail.

Setelah itu, gabungkan seluruh ruangan menjadi sebuah denah rumah dasar. Jangan lupa untuk menambahkan detail.

Estimasi Anggaran Biaya untuk Rumah Minimalis Dua Lantai

minimalist-design-5.jpg

Berapa anggaran yang harus disiapkan untuk membangun sebuah rumah minimalis 6×12 dan biaya tambahan lainnya?

Estimasi biaya pembangunan rumah minimalis bisa sangat bervariasi, tergantung lokasi, jasa, dan desain yang diinginkan.

Misalnya, untuk luas tanah sekitar 72 m2 dengan ruang yang lengkap, Anda bisa menyiapkan dana sekitar Rp280 juta di luar biaya jasa arsitek.

Terakhir, jangan segan untuk mengonsultasikan biaya serta hal-hal lain terkait pembangunan rumah minimalis 2 lantai kepada ahlinya agar hasilnya memuaskan.

Leave a Comment